Diberdayakan oleh Blogger.

FIFA 13, 'Masterpiece' Game Bola di Ponsel

Kamis, 11 Oktober 2012

Jakarta - FIFA 13 dan Pro Evolution Soccer (PES) 2013 boleh saja sudah berseteru di ranah konsol game. Namun tidak demikian, untuk versi perangkat mobile. Di versi yang lebih mini ini, Electronics Art (EA) sudah lebih dahulu 'kick off' di iDevice ketimbang Konami.

Pengguna iOS sudah bisa memainkan Lionel Messi dkk di FIFA 13 ke dalam iPhone atau iPod Touch. Perubahan tentu saja ditawarkan oleh EA di versi FIFA 13 ini. Namun seimpresif apakah perubahan tersebut?

Nah, untuk mengetahui apa saja upgrade dan fitur yang ditawarkan, detikINET pun mendownload game FIFA 13 ini di perangkat iPhone 4S dengan sistem operasi iOS 6. Berikut hasil pengalaman singkat menjajal game ini.

Grafis dan gameplay

Dengan mendapatkan lisensi Fifapro tentu saja membuat FIFA 13 berhak untuk menggunakan logo, kostum, stadion dan nama pemain di bawah naungan organisasi sepak bola dunia tersebut.

Seperti sebelumnya, pemain lebih banyak pilihan dalam memilih tim yang diinginkan karena di FIFA 13 ini termasuk 30 liga -- mulai dari liga Korea hingga Inggris Premierships, 500 lisensi tim/klub, dan lebih dari 15.000 pemain.

Soal grafis tentu saja di FIFA 13 membuat bintang-bintang sepakbola dunia seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Carlos Teves atau Wayne Rooney begitu mirip dengan wajah aslinya. Tapi jangan kecewa bila bintang pujaan Anda 'kok tidak semirip aslinya'.

Tak hanya kemiripan secara fisik, detikINET merasakan gaya permainan di FIFA 13 juga semakin natural. Beberapa kali gocekan yang dilakukan antara Messi dan Ronaldo, misalnya, berbeda satu sama lainnya.

Pemain yang mengandalkan kekuataan fisik seperti Rooney dan Teves pun juga terlihat seperti beneran saat mengejar bola.



Soal tombol navigasi sebetulnya tidak ada perubahan yang berarti, kecuali ada tambahan tombol baru yakni 'Call 2nd Def' yang berfungsi menjaga satu lawan dengan dua pemain bergantian. Selain itu tombol lainnya adalah, 'Skill Move', melalui tombol ini player bisa bermain-main dalam menggocek bola dan menunjukkan skil saat melewati lawan.

Pemain bisa mengkombinasikan gerakan seperti berputar 36o derajat, mencungkil tendangan ataupun melakukan gerakan tipu. Tinggal bagaimana saja mengkombinasikannya.

Tombol menggerakkan pemain masih ditaruh di sebelah kiri layar. Dengan ukuran layar yang kecil, harus pintar-pintar memang antara menggiring bola, mengoper atau langsung menembakkan ke arah gawang.



Sayangnya, yang agak kurang mengasyikkan adalah tombol mengoper atau men-shoot dalam posisi bola mati alias freekick. Pasalnya, detikINET masih kesulitan men-swipe kekuatan tendangan. Kalau tidak pas kekuatan tendangan bisa lemah atau malah kekencangan.

Satu catatan lainnya, detikINET merasa semakin mudah dalam menceploskan bola ke gawang dalam posisi freekick. Dengan catatan kekuataan menendangnya tidak lemah-lemah amatnya.



Bila pemain baru pertama kali memainkan game sepakbola keluaraan EA ini, tidak perlu khawatir lagi merasa salah. Sebabnya, sebelum kick off dimulai, akan ada adegan tips untuk bermain. Intinya kesulitan dan kemudahan saling seimbang di FIFA 13 kali ini.

Fitur Permainan

Di sini detikINET akan memberikan fitur apa saja yang tersedia di FIFA 13. Pertama adalah 'Quick Match', pemain bisa memilih fitur ini sebagai permulaan sebelum menjelajah game ini lebih jauh lagi.

Selain sparing dengan komputer, ada juga pilihan untuk menjajal kemampuan seperti tendangan bebas, mengatur pola serangan atau penalti dengan memilih 'Practice' atau 'Penalty Shout-out'.



Ingin bertanding melawan kawan sesama iDevice, silakan pilih GamePad. Di sini lag saat bertanding pun semakin berkurang, dan jauh lebih mulus.

Fitur lainnya adalah Tournament. Tidak hanya liga atau non-liga terkenal maupun yang kurang terkenal. Ya, Anda bisa mengumpulkan piala-piala dalam satu lemari.

Tak kalah menarik adalah mode Manager, selain bermain sebagai pemain, Anda juga dituntut sebagai seorang manager dalam mengelola sebuah tim, termasuk rasanya mendapat tekanan dari pihak petinggi klub.



Fitur terakhir adalah mode online. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mode GamePad, namun sparing partner dipilih secara random dari pengguna FIFA 13 lainnya. Asalkan WiFi dinyalakan, mudah menemukan penantang yang sedang online.

Minusnya memang terkadang sering ngelag, terutama di saat jaringan sedang lemah. Mode ini juga menunjukkan indikasi kekuataan sinyal WiFi kita.

Kesimpulan

Selama Konami belum merilis Pro Evolution Soccer (PES) 2013 ke versi mobile, sejauh ini FIFA 13 memang layak disebut sebagai masterpiece game sepakbola mobile. Gabungan antara grafis yang memukau, gameplay yang mudah dan sejumlah faktor pendukungnya seperti stadion, dan kostum yang lengkap sudah layak diberikan setidaknya 'bintang empat' untuk game ini.




Walau sudah pasti tidak sesempurna di versi konsol game, ada satu hal keganjilan yang cukup menganggu yang detikINET temukan, misalnya saat memegang bola ketika lemparan ke dalam tidak mengenggam sempurna.

Malah pernah, ada salah satu pemain yang sudah dikartu merah di saat pertandingan, 'tiba-tiba' nongol ikut berjabat tangan di akhir pertandingan.




*) FIFA 13 berjalan di perangkat iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPod touch (3rd generation), iPod touch (4th generation), iPod touch (5th generation) dan iPad. Dengan OS 4.0 ke atas. Harganya dibanderol USD 6,99.





0 komentar:

Posting Komentar

foto memek basah
foto bugil artis terbaru
foto cewek bispak terbaru
foto telanjang artis terbaru
 
Support : Creating Website | Template 1 | Template 2
Copyright © 2011. Info Tertanam - All Rights Reserved
Template Modify by Aat D'bandit
Proudly powered by Blogger
Sumber: http://davotmarbun.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-tombol-next-page-pada-blog.html#ixzz2A5Nq0JSO